MK PSIKOLOGI PENDIDIKAN


  1. Dosen
  2. Deskripsi
  3. RPS
  4. Modul
  5. Aktivitas
  6. Asesmen

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman konsep dasar mengeni teori psikologi untuk menggambarkan beragam gejala psikologi serta menganalisis gejala psikologi individu, kelompok, organisasi, dan komunitas. Topik-topik kajian dalam mata kuliah ini meliputi peran psikologi pendidikan dalam mengefektifkan program pendidikan, hubungan antara pendidikan dan perkembangan peserta didik, teori perkembangan kognitif Jean Piaget, teori perkembangan psikososial Erikson dan perkembangan Moral Kohlberg, karakteristik perkembangan anak dan remaja dan penerapannnya dalam pendidikan, teori belajar perilaku (behaviorisme) dan teori Bandura dan dapat menerapkan prinsip-prinsipnya dalam praktik pembelajaran, Teori belajar kognitif dan konstruktivisme dan dapat menerapkan prinsip-prinsipnya dalam pembelajaran teori belajar humanistik dan dapat menerapkan prinsip-prinsipnya dalam pembelajaran, peran inteligensi dan emosi dalam mempengaruhi belajar, peran motivasi dan konsep diri dalam mempengaruhi belajar, konsep keberbakatan, anak berbakat dan pendidikannya, konsep dasar tentang kesulitan belajar (pengertian, gejala, dan efek sosio-psikologis yang ditimbulkan), dan manajemen pengelolaan kelas.

You don't have a pdf plugin, but you can download the pdf file.